Minggu, 17 Februari 2013

Survival On KKM XXXV Part I: The Beginning

        gua dini mau cerita KKM versi cowo, karena kebanyakan KKM adalah versi cewe, karena cewe yang biasa cerita lewat blog hahaha.

        Seperti yang udah gua bilang, gua ini masih mahasiswa baru, dan gua kuliah di fakultas teknik. dari tahun ke tahun diujung ospek fakultas teknik itu selalu ada yang namanya Kemah Kerja Mahasiswa atau biasa disebut KKM. KKM ini adalah salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakuin sama semua elemen di fakultas teknik dari dekanat sampai mahasiswa baru. kenapa pengabdian masyarakat? karena kami fakultas teknkik pengen aplikasiin salah satu tridharma perguruan tinggi, yang salah satunya pengabdian.

        Awalnya gua bingung apa gua harus ikut atau gak, karena gua sendiri waktu itu lagi di jakarta dan gak bisa ngurus pengesahan dari keplek (semacam tanda pengenal) sampai ke alat proyek dan dapur umum untuk nantinya kita survival disana. gua kebagian kelompok 57 dan ga ada yang gua kenal disana, smapai gua di sms sama ketua kelompok dan akhirnya disiapin perlengkapan untuk KKM.

        Gua baru sampe malang tanggal 28, tapi karena harus ngurus daftar ulang dan dipersulit sama kampus, gua baru selesai krss-an tanggal 31. padahal tanggal 2 februari gua harus berangkat KKM. akhirnya gua ngebut nyiapin peralatan dan baru dapet semuanya lengkap pas 1 februari malem2.

        KKM kali ini diadakan 5 hari, pas tgl 2 kita haarus ngumpul jam setengah 5 dan dikumpulin per DU (dapur umum) satu DU itu terdiri dari 3 kelompok, gua 1 DU sama kelompok 55,56, dan kelompok gua sendiri 57. karena ada 21 DU dan pemberangkatan dibagi jadi 2 shift. otomatis DU gua pun kebagian Shift 2 dan kita baru berangkat sekitar jam 12 siang! selama nunggu kita cuman dijemur. kita diangkut pake semacam mobil TNI yang biasa angkut pesonel2 TNI dalam jumlah besar dan gua gatau apa namanya. kondisi di mobil itu yang putra desek2an sampe ada yang duduk dan sebagian berdiri, dan kalau udah ada yang ngeluarin 1 botol minum, yang putra udah kayak zombie nemu daging segar, teriak2 minta minum hahaha, dan di mobil sebagian putra juga tidur.

        Perjalan kurang lebih 30-60 menitan, pas udah sampe disana kita dikumpulin di lapangan dan cuaca saat itu mendung, jadi gak terlalu panas. ada kejadian menarik disini. waktu itu setelah semua ngumpul, kita di kasih waktu makan siang, tentunya masih makan bawaan sendiri dan gua nyesel gak bawa nasi tapi cuman bawa roti, dan gua keluarin lah tuh roti dan gua bagiin ke temen yg gak bawa. tapi pasti disuruh ambil minum gua kaget bukan main di tas gua ada 2 bungkus nasi dan isinya ayam! hahaha temen sekolompok gua pun heboh bukan main dapet nasi 2 bungkus buat dimakan malam nanti. abis itu masing2 DU dari DU 21 di berangkatkan ke tempat lokasi kemah, dimana sebeumnya kita semua udah disuruh pake ponco (jas hujan). dan bener aja ak nyampe setengah perjalanan hujan udah mulai turun barisan yang tadinya kel putra-putri-putra di ganti jadi depan belakang putri harus putra supaya putra bantu yang putri karena medan sangat licin dan berlumpur. dan putri yg gak bawa tasnya harus dikasih ke putra, hasilnya yg putra cuman bisa ngos2an bawa 3 tas sekaligus, tapi gpp supaya "mimi" masaknya enak hahha.

       Pas udah nyampe diatas, kita dipsahin sama putri terus dibarisin lagi dan ambil tenda yang sebelumnya udah dibawain panitia. jadi kita buat tenda dalam kondisi hujan2an, dari ngeratain tanah sampe gali parit supaya nantinya gak banir tenda kita. sambil nunggu kelompok lain bikin tenda, kelompok gua sendiri istirahat sambil bersih2 badan dan tentunya bukan mandi karena air buat cuci kaki aja susahnya bukan main. kegiatan hari ini sebetulnya cuman sampe situ aja sisanya kita istirahat dan ngobrol2, di tenda gua yang dibahas cuman 2 kalau gak ngomongin cewe haha ya ngomongin CHAOS.

       Chaos? yup it's called chaos, dimana itu hari pembalasan kepada para panitia, kita bebas ngapain panitia, tapi tentunya sebelum panitia itu kabur dari lapangan tempat kita ngumpul dan biasanya itu ada di hari ke tiga. gak kerasa ngobrol2 sekitar jam 9 malem, itu kita semua harus udah masuk tenda, karena gua ga kebagian tempat akhirnya gua tidur dibawah, tentunya udah siap2 dengan baju proyek lengkap yang tentunya basah kuyup jadi dinginnya bukan main, mungkin ada yang nanya. kenapa pake baju proyek lengkap?

     *bersambung di part II*



Selasa, 22 Januari 2013

Ancient Alien

        Gua suka film-film dokumenter terutama yang berbau misteri,Salah satunya tentang alien. gua pernah nonton salah satu film di history channel ceritanya tentang alien. sebenrnya film ini bagus soalnya dikupas fakta-fakta kalau alien pernah datang ke bumi di masa lalu, tapi untuk yang gak kuat imannya jangan nonton film ini, karena fakta-fakta yang diberikan di kaitkan dengan tuhan. sleebihnya film ini gua rekomendasiin. kalau yang mau liat filmnya, gua kasih link dari Indowebster.



link indowebster:

kalau ada masalah bisa komen dibawah

Senin, 21 Januari 2013

Pengalaman Jadi Pengusaha

        Masuk kuliah pertama gua masih menggantung di rumah temen gua selama 3 minggu, jadi selama 3 minggu gua jadi mahasiswa yang nomaden. 1 minggu di rumah temen gua dari jakarta, 1 minggu di rumah temen gua dari bekasi, 1 minggu terakhir gua di rumah temen nyokap. di awal-awal kuliah juga gua masih bingung nentuin berapa biaya perbulan gua selama di malang. yang penting jangan sampe orang tua ngerasa terbebani sama biaya hidup gua dimalang. akhirnya gua mutusin untuk jadi pengusaha.      

        Awalnya sih gua kira, jadi pengusaha susah, tapi sebenernya enggak. di awal kuliah gua sempet jadi pengusaha, karena gua di malang gua jualan kripik tempe malang. tapi gak lucu dong kalau gua jualan kripik tempe malang di malang. yang pada akhirnya kripik tempe ini gua paketin ke temen gua yang ada di salah satu kota besar di jawa. jadi dia kita berdua reseller tapi mandiri gitu, awalnya sih lancar-lancar aja. bahkan keuntungan tiap dua minggu itu bisa sampai 100 ribu. tentunya buat anak kost itu jumlah yang lumayan lah. apalagi waktu itu gua lagi butuh buat beli alat-alat gambar yang harganya lumayan mahal.

        Rencananya kita akan nambah modal jadi biar bisnis ini makin gede, jadi gua naro target kalau seminggu bisa 200 ribu. tapi entah karena apa, gak jalan 2 bulan gagal lah gua jadi pengusaha, mungkin karena temen gua sadar kalau sebenernya bisnis itu bisa dia jalanin sendiri, jadi dengan gitu keuntungan gak perlu dibagi 2 kan? tapi itu ide guaaaaa. yaaaa sudahlah pembelajaran lah daripada pas udah jadi pengusaha yang benerannya. kata temen kuliah gua yang di malang sih kalau bisa tuh usaha gitu sendiri dulu jadi jangan sama temen dulu. ya masukan yang baguslah. tapi sebenernya gua sampe sekarang gatau kenapa bisnis gua sama temen gua yang jauh itu sampe berantakan. terakhir waktu mau bareng lagi malah hasilnya tambah runyam. gila ya, kadang bisnis bisa ngancurin pertemanan.

        Sekarang gua gatau mau bisnis apaan buat nambahin uang saku anak kost yang nyasar dimalang ini, ada yang punya rekomendasi bisnis? 

Masuk Kuliah

        Pas gua SMA, gua kira kuliah tuh enak soalnya kita gak terjadwal sama mata pelajaran dan bisa lebih banya waktu luang buat main. tapi ternyata dari mau masuk kuliahnya aja udah repot, dari ujian nasional sampe ujian sekolah, apalagi SNMPTN.

        Walaupun gua sendiri masuk kuliah gak lewat SNMPTN, tapi lewat jalur mandiri. orang tua gua masih seneng karena paling gak gua keterima di perguruan tinggi negeri, walaupun menurut gua peruruan tinggi sekarang itu biayanya tinggi juga. dan gua baru tau ternyata biaya masuk mandiri itu buat nutupin biaya SNMPTN dan BIDIKMISI, walaupun ternyata gak semua temen-temen dari bidikmisi itu ya gak mampu. mau bukti? temen gua anak bidikmisi laptopnya apple dan hp nya android, entah harus iri atau malah prihatin karena dia sama aja kayak memiskinkan diri sendiri dan ngambil hak orang lain.

        Gua kuliah di salah satu PTN di malang, sesuai minat gua, gua masuk fakultas teknik dengan jurusan yang paling keras di sana. ospek di fakultas gua biasanya itu sampe satu semester, dimana di akhir ospek di tutup dengan kegiatan pengabdian masyarakat di pedalaman malang. sebenernya, ini udah satu semester gua di malang, dan sebentar lagi ada kegiatan pengabdian masyarakat itu. katanya sih tahun ini bakal lebih lama + capek soalnya kegiatannya ditambah dengan satu  tugas. pipanasi (masang-masang pipa untuk saluran air ke pemukiman warga).

        Untuk masalah akademik, sebenernya gua kurang puas dengan hasil IP semester satu yang alhamdulillah dapet 3.1. gua sempet ngerjain temen gua, orangnya perfeksionis dan gamau kalah dalam suatu hal apalagi nilai, gua bilang ke dia kalau IP gua 3.7 dan dia langsung gelagapan bingung. ya menurut gua sih kita tuh jadi manusia jangan terlalu liat nilai lah, bukan munafik ya. nilai itu memang penting tapi ya masa sampe harus di 'tuhan' kan.

gua bingung nih mau ngomong apa, lanjut ke post berikutya aja ya